2 Cara Back Up Data Android Online dan Offline

Cara Back Up Data Android Online dan Offline – Cara back up data Android sangatlah penting dilakukan. Tidak hanya dapat mengamankan data-data yang bernilai tinggi pada perangkat Android, tetapi juga menjadi langkah untuk menghindari kehilangan data. Hingga saat ini, tidak sedikit pengguna Android kehilangan datanya diperangkat Android. banyak faktor hal tersebut bisa terjadi, seperti karena serangan malware, memory card rusak, hingga perangkatnya sendiri yang rusak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika setiap pengguna Android mengetahui cara untuk memback up data.

Back Up Data

Secara umum, memback up data di perangkat Android bisa dilakukan dengan beberapa cara. Back up data di perangkat Android sendiri bisa juga dilakukan secara online maupun offline. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas 2 cara untuk back up data yang bisa dengan mudah dilakukan.

Cara Back Up Data Android Online dan Offline

1. Back Up Data secara Online

Back Up Data secara Online

Pada dasarnya, setiap perangkat Android yang menggunakan akun Google secara otomatis memiliki fitur back up data yang terintegrasi dengan akun gmail. Untuk bisa memback up data secara online, pertama-tama yang harus dilakukan adalah masuk ke menu Setting, pilih opsi Personal, klik BackUp dan Reset. Pada bagian opsi BackUp and Restore, beri centang untuk mengaktifkan.

Setelah itu, masuk ke menu Setting kembali, masuk ke menu Personal, pilih opsi Account and Sync. Kemudian pilih akun Google yang Anda miliki atau bisa juga membuat akun baru dengan mendaftarkan email yang masih aktif. Selanjutnya, akan muncul pilihan data-data yang bisa Anda sortir untuk di Back Up. Tunggu proses back up data-data yang sudah dipilih tadi. Usahakan koneksi internet Anda stabil, karena proses back up ini memerlukan koneksi internet untuk bisa mengirimnya kea kun Google tadi.

2. Back Up Data secara Offline

Back Up Data secara Offline

Cara back up data Android lainnya bisa dilakukan secara offline. Namun, untuk cara kali ini dibutuhkan aplikasi pemback up data sebagai pihak ketiganya. Aplikasi back up data sendiri saat ini begitu banyak tersedia di Google Playstore, salah satunya yang akan dibahas kali ini adalah aplikasi bernama SuperBackUp.

Langkah pertama untuk melakukan back up data dengan aplikasi ini adalah dengan mengunduh dan menginstallnya di perangkat Android. Setelah berhasil, jalankan aplikasi tersebut kemudian masuk ke menu awal, pilih menu Back Up.

Disini, akan muncul jenis Back Up data yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, seprtti Apps Backup, SMS Backup, Contacs Backup, Call Logs Backup, hingga Calenders Backup. Klik jenis back up yang Anda inginkan, kemudian tunggu proses back up data selesai. Untuk merestore data, bisa dilakukan dengan cara yang sama. Hanya saja pada menu awal, pilih menu Restore. Maka data pun akan secara otomatis kembali.

Demikianlah pembahasan mengenai cara Back Up data Android yang dapat disampaikan. Masih banyak cara lain yang bisa dilakukan. Selain itu, aplikasi back up data pun banyak pilihannya. Semoga bermanfaat!

Incoming search terms:

  • cara memback up data lagu offline di joox
2 Cara Back Up Data Android Online dan Offline | Yanti Adriyanti | 4.5