Cara Kalibrasi Baterai Laptop dengan Mudah

Cara Kalibrasi Baterai Laptop dengan Mudah – Pernah mengalami hal yang sama? Meski laptop sudah di charge tapi baterai nya tidak bertahan lama, harus saja sambil discharge terus biar awet dan tahan lama. Repot banget, kan? Padahal kalau ada perlu yang tempat nya outdoor mau charge di mana coba.

Tapi ada trik nya ini. Yaitu, dengan mengkalibrasi baterai. Kalibrasi baterai sendiri bisa mengembalikan kerja optimal baterai untuk menyimpan daya nya, jadi enggak gampang low bat dan dikit-dikit minta charge melulu.

Ada beberapa cara sebenarnya untuk melakukan kalibrasi baterai, tapi kita punya cara manual untuk mengkalibrasi baterai nih. Bagaimana caranya? Kalian bisa simak cara di bawah ini.

cara-kalibrasi-baterai-laptop-dengan-mudah

Cara Kalibrasi Baterai Laptop

1. Yuk! Buka Power Potion nya.

Lihat ada ikon baterai dilaptop mu? Kalau ada dan lihat, klik satu kali aja hingga muncul jendela. Setelah itu ada dua pilihan yang muncul di sana; Adjust Screen Brightness dan More Power Options. Yang harus dipilih yaitu More Power Potion, klik ya!

2. Buatlah power plan yang baru.

Setelah di klik, kalian akan diarahkan ke banyak pilihan yang ada dijendela selanjutnya. Kemudian, kalian buat power plan baru dengan klik create power plan.

Jika sudah, ada pilihan untuk memberikan nama di kotak yang sudah disediakan. Terserah kalian untuk diberi nama apa. Lanjut dengan klik next.

3. Pengaturan.

Dilanjut dengan custom pengaturan. Di sana bisa dilihat bahwa pengaturan  bisa kita ubah. Kalian ganti Turn off the display dan Computer Sleep dengan pilihan Never. Jika sudah diubah, klik create ya. setelah itu akan berlanjut ke jendela selanjutnya.

Semua nya itu ubah lagi ke never dan lalu kalian lihat kan disebelah ada Change Advanced power setting atau change kalibrasi setting powers pastika diubah juga ya; On Battery -> Hibernate dan Kritikal Battery level On Battery : 55%, dilanjut dengan meng-klik OK.

4. Charge laptop mu!

Semuanya dilakukan seperti cara yang sudah diuraikan? Berarti sudah selesai meng-kalibrasi baterai laptop mu. Jika sudah, lanjut dengan charge laptop mu sampai penuh ya. benar-benar 100%!

5. Test!

Jika pengisian baterai sudah sampai 100%, cabut charge nya dan biarkan laptop mu. Biarkan sampai baterai nya benar-benar habis.

Didiamkan di sini, laptop dibiarkan dalam keadaan menyala tapi dibiarkan saja ya. jangan digunakan! Karena ini fase untuk test peng-kalibrasi-an baterai-mu.

6. Isi ulang.

Nah! Laptop sudah benar-benar padam karena kehabisan baterai, diamkan dulu agar baterai bisa istirahat atau panas karena dipakai. Setelah itu charge atau isi ulang daya baterai mu sampai habis dan barulah pakai laptop kembali seperti biasa.

Bagaimana? Mudah kan untuk lakukan kalibrasi baterai dengan cara manual nya. Semoga membantu!

Cara Kalibrasi Baterai Laptop dengan Mudah | Jabbar Muhammad Aqly | 4.5