Cara Membuat Alat Penghemat Listrik Sederhana

Cara Membuat Alat Penghemat Listrik Sederhana – Saat ini penggunaan arus listrik semakin meningkat. Hal ini salah satunya dipicu dari berbagai elektronik dan media informasi yang membutuhkan arus listrik sebagai dayanya. Tentu tagihan listrik setiap bulannya juga ikut meningkat. Dan hal inlah yang disayangkan oleh para pengguna listrik, baik bagi orang yang di rumah, industri dan juga yang lainnya.

Berkaca dari kondisi yang demikian akhirnya banyak orang yang ingin menghemat listrk. Mulai dari membatasi penggunaan elektronik hingga memasang alat khusus untuk menghemat listrik. Merupakan tindakan yang cukup cerdas bila ternyata konsumen lebih memilih untuk memasang perangkat guna menghemat pengeluaran listrik. Nah pada kesempatan ini kami akan menyajikan sebuah artikel tentang apa saja cara yang bisa anda gunakan untuk menghemat penggunaan listrik.

cara membuat alat penghemat listrik 1

Ada beberapa hal yang patut kita perhatikan sebelum memasang alat penghemat listrik, salah satunya ialah kelegalan alat tersebut. Legalkan alat tersebut kita pasang hingga tidak akan memunculkan suatu masalah dengan pihak PLN?. Biasanya pemasangan alat sebelum meteran terpasang adalah ilegal dan dapat bermasalah bila pihak PLN mengeceknya. Berikut ulasannya.

  1. Pemasangan Alat Penghemat Listrik Sebelum Meteran Terpasang

Meski pemasangan alat penghemat listrik ditambahkan sebelum meteran dipasang adalah cara yang cukup cerdas dan efektif, ternyata hal ini bisa menimbulkan permasalahan saat pihak PLN mengecek meteran anda. Meski demikian mari kita lanjutkan ulasan ini walau hanya sekedar menambah wawasan dan ilmu.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pertama anda bisa menghemat lisrik dengan cara menambahkan kapasitor dan juga coil tepat sebelum meteran anda terpasang. Dengan begitu puncak gelombang akan berubah dan pemakaian listrik akan cenderung tidak boros atau lebih hemat.

Kedua, untuk menghemat listrik anda juga bisa memperbaiki tegangan yang masuk ke dalam meteran. Cara ini dilakukan guna memaksimalkan daya yang ada.

Cara Membuat Alat Penghemat Listrik

  1. Pemasangan Alat Penghemat Listrik Setelah Meteran Terpasang

Pemasangan alat setelah meteran terpasang cenderung tidak terlau dipermasalahkan oleh pihak PLN saat mereka mengecek meteran anda. Karena hal ini terbilang legal sehingga aman untuk dilakukan. Hal yang bisa anda lakukan adalah bisa dengan memasang beberapa kapasitor tambahan yang kemudian difungsikan sebagai bank-nya kapasitor. Bank kapasitor ini berguna saat adanya tarikan arus yang mendadak, tarikan tersebut akan ditampung oleh bank kapasitor sehingga tidak membuat meteran memikul beban yang banyak. Memasang sebuah starting merupakan hal yang cukup solutif untuk mengatasi permasalahan ini.

  1. Rangkaian Penghemat Listrik pada Seluruh Instalasi Rumah

Cara yang ketiga ini tidak mengeluarkan biaya yang terlalu banyak. Rangkaian listriknya bisa anda amati dari gambar di bawah ini:

cara membuat alat penghemat listrik 3

Semua komponen di atas bisa anda dapatkan dengan mudah di banyak toko listrik. Rangkaian yang sederhana ini bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak terikta apakah kita orang yang paham elektronik atau bukan.

  1. Rangkaian Penghemat Listrik pada Stop Kontak

Khusus cara yang keempat ini hanya digunakan untuk beberapa alat elektronik seperti charger laptop, charger HP, televisi, kulkas dan sebagainya. Hanya satu jenis elektronik saja yang didasarkan pada stop kontak. Biasanya digunakan untuk elektronik yang membutuhkan daya yang besar yang menjadi sebab dari tingginya tagihan listrik bulanan anda di ruma. Rangkaian listriknya adalah sebagai berikut:

cara membuat alat penghemat listrik 4

Sama dengan cara yang sebelumnya, anda bisa mendapatkan komponen di atas dengan sangat mudah. Anda hanya membutuhkan komponen sebagai berikut:

  1. Kabel power CPU
  2. Sekring dan Fuse 4-5A
  3. Kapasitor 10uF 450volt AC.
  4. Lampu kecil seperti lampu setrika
  5. Box power supply yang sedang, yang terbuat dari plastik.

Dengan memilih salah satu cara di atas, anda bisa menghemat lsitrik lebih dari 20% per bulannya. Ada banyak cara lain untuk menghemat listrik. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Incoming search terms:

  • cara buat penghemat listrik rumah
  • cara membuat penghemat listrik
  • rangkaian penghemat listrik
  • skema pemasanganalatpenghemat listrik
Cara Membuat Alat Penghemat Listrik Sederhana | Aryanti Dewi Safitri | 4.5