Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word Mudah

Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word – Biasanya dibalik amplop ada apa? Uang? Itu sih kalau kamu habis disunat atau menikah, tapi selain itu juga ada kan. Dibalik amplop juga biasanya ada surat. Nah, kalian tahu enggak kalau surat itu dibagi jadi dua jenis.

Kenapa, kok kaget kalau surat itu dibagi dua? Ternyata yang dua itu bukan mie sarimi aja nih hehe, tapi juga surat. Surat itu sendiri terbagi jadi dua jenis yaitu surat resmi dan surat tidak resmi.

Surat tidak resmi itu umum sekali buat kita. Seperti tanya kabar yang biasa kalian chat buat dia, tapi dalam bentuk yang lebih panjang. Bagaimana dengan surat resmi? Perbedaan mencolok nya sih surat resmi itu punya kop surat.

cara-membuat-kop-surat-di-microsoft-word

Itu tuh, kop surat yang letak nya ada di paling atas. Tapi apa pernah kalian penasaran cara buat nya gimana? Kalau di buku kan tinggal tulis dan buat garis, tapi kalau di Ms. Word gimana? Teruskan deh baca nya, biar tahu.

Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word

  1. Atur dokumen yang kamu buat itu mode view nya dalam print layout dulu nih. Caranya, klik tab View lalu klik print layout. Jika sudah print layout, jangan di klik ya!
  2. Kalau sudah diatur, kalian lakukan doube-click atau klik secara dua kali di atas dokumen yang akan dibuat. Dengan begitu, akan tampilah kolom untuk mengatur header dokumen milik mu.
  3. Habis itu, kalian beri centang di Different First Page. Fungsi nya untuk buat kop surat hanya ada dihalaman pertama, tidak akan sampai ter-copy ke halaman selanjutnya.
  4. Dilanjut ke penggeseran margin. Margin terdapat di ruler atau penggaris, kalian geser saja dengan perkiraan seberapa logo yang akan kalian simpan nantinya di kop surat.
  5. Kalau sudah diatur sesuai seperti tutor di atas, sekarang waktunya masukan nama lembaga, instansi atau nama perusahaan di header dokumen mu. Jangan lupa, untuk beri baris kosong di akhir tulisan mu yang di header.
  6. Semua sudah ditulis, tinggal masukan logo atau gambar untuk kop surat. Jika sudah ditambahkan ke kop surat di dokumen mu, jangan lupa buat gambar mu jadi front of text ya. Menu front of text ada di wrap of text ya.
  7. Atur kembali penempatan logo dan penulisan instansi atau perusahaan yang ada dikop surat.
  8. Blok baris kosong atau baris terakhir yang sebelum nya dikosongkan, karena kita akan buat garis atau line untuk kop surat.
  9. Setelah itu klik tab home dan cari border, bentuk nya seperti jendela yang ada di samping shading (ember tumpah).
  10. Terdapat banyak pilihan yang ada diborder, tapi cukup pilih saja border and shading, ada dipilihan paling bawah.
  11. Nah, muncul pilihan lagi. Pilih  custom dan mulai pilih garis, garis untuk kop surat biasanya 4 ½ pt dan yang paling tipis, 1/2pt. tapi kalau mau diwarnai juga bisa, piloh sesukamu aja ya.
  12. Jika belum enak dilihat, rasanya miring atau kurang pas, geser lagi margin dan buat pas atau sesuaikan dengan keinginan mu dalam membuat kop surat.
  13. Jika selesai, tutup deh header nya. Entah itu dengan close atau klik dua kali di dokumen dan jendela header akan tertutup.
  14. Selesai nih buat kop suratnya. Tapi jangan khatir kenapa kop surat yang kita buat kok jadi abu kelabu ya? Itu artinya kalau kita ada di area dokumen, bukan lagi di area header.

Bagaimana? Sudah paham cara membuat kop surat? Semoga artikel ini membantu ya.

Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word Mudah | Jabbar Muhammad Aqly | 4.5