Cara Memperbaiki HP Android Mati Total

Cara Memperbaiki HP Android Mati Total – Pernahkan HP Android Anda mengalami mati total secara tiba-tiba? Tentunya bila itu terjadi kita akan kebingungan, sekaligus sedih, karena terlihat Android yang kita miliki tidak bisa hidup kembali dan akhirnya harus diganti. Keadaan seperti ini tidak jarang terjadi. Bahkan banyak dari HP Android keluaran Cina yang mengalami hal semacam ini, karena kualitasnya yang kurang mempuni. Untuk mengatasi kasus ini, sebelum menggantinya, Anda bisa coba menerapkan beberapa cara memperbaiki HP Android mati total berikut ini.

  1. Memeriksa dengan indikasi baterai

Dalam keadaan kehabisan baterai, HP Android yang dihidupkan akan merespon dengan memunculkan peringatan habisnya baterai. Ini terjadi bila masih ada sedikit power. Namun jika Anda dalam waktu lama tidak mengisinya, maka menghidupkan HP Android tidak akan menghasilkan apapun.

Dari sini Anda bisa mengatasinya dengan coba mengisi daya baterai dalam waktu 1/2 sampai 1 jam untuk melihat hasil yang maksimal. Jika setelah waktu tersebut Android tetap mati total, maka kerusakan bisa jadi ada pada charger ataupun baterai. Untuk itu, Anda bisa coba mengganti charger-nya. Bisa pula menghubungkan HP dengan kabel USB ke komputer. Selain itu, Anda juga bisa mengganti baterai. Biasanya ciri khas baterai yang rusak adalah menggelembung seperti ingin meledak.

Cara Memperbaiki HP Android Mati Total

HP Android Mati Total

  1. Memeriksa bagian tombol power dan layar

Anda bisa coba memeriksa apakah HP Android berjalan di belakang layar. Ketika baterai sudah diisi penuh, namun Android tidak dapat menyala, bisa jadi ada kerusakan pada tombol power ataupun layar.

Cara diagnosanya dengan menyuruh teman Anda menelpon ke HP Android Anda tersebut. Bila muncul pemberitahuan dan menampilkan sebuah panggilan atau semacamnya, maka kemungkinan tombol power yang rusak. Untuk mengatasi tombol ini, Anda bisa menggantinya dengan yang baru. Harganya sendiri tidak terlalu mahal.

Bila muncul suara pada pemberitahuan, namun tidak menampilkan apapun, bisa jadi bagian layarnya yang rusak. Kedua kerusakan ini bisa coba dilakukan reparasi. Anda juga bisa datang ke kedai operator dari merek HP Android tersebut bila masih memiliki garansi.

  1. Melihat indikasi pada kompartemen baterai

Salah satu penyebab HP Android mati total adalah terkena air. Untuk melihat hal ini, Anda bisa membuka baterai. Ada bagian kompartemen baterai yang bentuknya kotak kecil berupa kertas. Bila warna kertas ini berubah menjadi berwarna pink atau merah (yang menandakan tingkat kelembapan tinggi), maka bisa jadi perangkat Anda terkena air dan umumnya hal ini membuat Anda kehilangan garansi. Jadi, untuk mengatasinya perlu dengan service kepada ahli dengan biaya sendiri.

  1. Melakukan hardreset

Cara memperbaiki HP Android mati total yang terakhir adalah dengan melakukan hard reset. Bisa jadi matinya HP Anda karena mengalami freeze atau membeku disebabkan oleh beberapa hal. Ketika ini terjadi, Anda bisa coba melakukan hard reset. Caranya dengan melepas baterai selama beberapa menit, lalu memasang dan menghidupkannya. Bila baterai tidak bisa dilepas, Anda bisa coba menekan tombol power beberapa lama, lalu kembali menghidupkannya.

Cara Memperbaiki HP Android Mati Total | Balqish Annur Qaisha | 4.5