Cara Mempercepat Kinerja Android Ampuh Tidak Lemot

Cara Mempercepat Kinerja Android Ampuh Tidak Lemot – Saat ini perangkat Android sudah sangat banyak, dengan spesifikasi yang bermacam-macam. Bahkan beberapa di antaranya memiliki harga yang murah. Namun tentu berbanding lurus dengan performanya yang tidak terlalu tinggi. Meski begitu, Anda jangan khawatir, karena ada berbagai cara mempercepat kinerja Android yang bisa Anda coba diterapkan. Beberapa di antaranya bisa Anda ketahui pada daftar berikut.

  1. Hapus aplikasi dan game tak penting

Semakin banyak aplikasi dan game yang ada pada Android Anda, maka performanya akan semakin melambat. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mempercepat kinerjanya, kurangi aplikasi-aplikasi yang dirasa tidak dibutuhkan.

Gunakan hanya aplikasi yang memang Anda pakai dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi untuk game, karena biasanya kita mudah bosan, namun malas untuk menghapus game-game tersebut.

Cara Mempercepat Kinerja Android Ampuh Tidak Lemot

  1. Matikan konektivitas internet

Jika Anda sedang tidak menggunakan data internet, maka matikan. Mengapa? Karena jika diaktivkan, Android akan terus mencari sinyal dan hal tersebut bisa sangat mengganggu kinerja dari perangkat Anda. Terlebih jika Anda berada di lokasi dengan sinyal yang minim. Selain itu, data internet juga bisa menguras daya baterai.

  1. Hindari launcher, live wallpaper, dan widget tak berguna

Launcher bisa juga kita sebut tema. Dengan aplikasi launcher, pengguna Android dapat mengubah tampilan Android secara keseluruhan. Sayangnya, kebanyakan dari aplikasi launcher hanya membuat kinerja Android melambat. Terlebih jika tema tersebut didukung oleh wallpaper bergerak atau live wallpaper. Selain itu, hindari juga penggunaan widget dan penempatan ikon aplikasi yang tidak terlalu penting.

  1. Tidak membuka banyak aplikasi dalam satu waktu

Cara mempercepat kinerja Android selanjutnya adalah dengan menghindari multitasking. Untuk perangkat dengan spesifikasi tinggi, tentu hal semacam ini tidak terlalu berpengaruh. Namun jika mesin yang digunakan minim, maka multitasking bisa menyebabkan kerusakan, khususnya penyerapan daya baterai dengan waktu yang singkat dan peningkatan suhu hardware.

  1. Menonaktifkan aplikasi di belakang layar

Kita tentu tahu bahwa ada banyak aplikasi yang meski sudah ditutup, namun tanpa dirasa bekerja di belakang layar, bahkan mengambil data internet tanpa sadar. Untuk itu, Anda harus masuk ke pengaturan, lalu menuju opsi aplikasi. Pilih aplikasi yang bekerja di belakang layar dan nonaktifkan. Biasanya aplikasi chatting dan game adalah sumber utamanya.

  1. Hindari penggunaan secara berlebihan

Penggunaan berlebihan akan menyebabkan perangkat menjadi panas. Hal tersebut akan sangat berdampak pada kinerja sistem Android secara keseluruhan. Oleh sebab itu, gunakan Android seperlunya saja. Hindari pula menggunakan perangkat saat sedang melakukan pengisian baterai.

  1. Menggunakan aplikasi pembersih

Saat ini, banyak developer yang membuat aplikasi khusus sebagai cara mempercepat kinerja Android. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda memilih salah satu dan menggunakannya. Sebut saja aplikasi yang paling populer dalam kasus ini ada Clean Master, CCleaner, Startup Manager, History Eraser, dan Duplicate Contacts & Utilities.

Cara Mempercepat Kinerja Android Ampuh Tidak Lemot | Balqish Annur Qaisha | 4.5