Cara Mengatasi Bluetooth Android Error Mudah

Cara Mengatasi Bluetooth Android Error Mudah – Bluetooth merupakan suatu metode transfer data menggunakan nirkabel di antara dua perangkat (semisal ponsel, media player, speaker, dan tablet) yang sangat populer di dunia. Secara teknis, Bluetooth bekerja dengan dukungan dari perangkat keras maupun lunak. Oleh sebab itu, masalah error yang muncul pada Bluetooth di Android bisa beragam, tegantung kasusnya masing-masing.

Bluetooth bisa error atau tidak terdeteksi karena banyak sebab. Misalnya saja karena tidak kompatibelnya antara Bluetooth dengan perangkat. Ponsel tua, semisal Sony Ericsson yang hanya didukung Bluetooth 3.0 bisa sangat mungkin tidak dapat terkoneksi dengan Bluetooth Smart (generasi Bluetooth yang baru). Namun sebaliknya, perangkat yang mendukung Bluetooth 4.0 bisa jadi kompatibel dengan jenis Bluetooth klasik maupun smart. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak kiat-kiat atau cara mengatasi Bluetooth Android error berikut ini.

Cara Mengatasi Bluetooth Android Error Mudah

Cara Mengatasi Bluetooth Android Error

  1. Pastikan Bluetooth Anda diaktifkan

Bila tidak muncul simbol Bluetooth pada bagian atas layar perangkat, Anda bisa coba aktifkan dengan masuk ke menu pengaturan (Settings).

  1. Mengetahui cara kerja Bluetooth

Tidak semua perangkat Android memiliki cara kerja penghubungan yang sama. Ada ponsel yang bisa diaktifkan dengan memasukkan kode-kode terlebih dahulu. Ada pula yang hanya dengan menyentuh fisik, menekan tombol speaker, dan lain sebagainya.

Keterangan: lihat buku petunjuk perangkat Android Anda

  1. Aktifkan mode “discoverable”

Maksud discoverable adalah dapat dicari atau dilacak. Hal penting, terlebih bila Bluetooth diperlukan untuk kebutuhan hands-free, navigasi, dan SMS. Untuk cara mengaktifkannya sendiri bisa dengan masuk ke menu pengaturan (Settings), lalu pilih Bluetooth. Di sana umumnya ada pengaturan mengenai mode ini.

  1. Pastikan kedua perangkat pada jarak yang dekat

Bluetooth Android juga bisa error dan tidak berfungsi dengan baik bila antar perangkat berjauhan. Misalnya saja antara perangkat Android dan speaker dibuat berdekatan atau mungkin bersentuhan, itu lebih baik.

  1. Melakukan restart

Cara sederhana yang mungkin bisa dijadikan percobaan dalam mengatasi Bluetooth Android yang error adalah dengan melakukan restart, mematikan lalu menghidupkan perangkat kembali.

  1. Lihat daya baterai

Beberapa perangkat teknologi saat ini ada yang dibekali sistem cerdas, diantaranya kemampuan untuk menonaktifkan Bluetooth secara otomatis ketika baterai dalam jumlah yang sedikit. Oleh sebab itu, coba untuk mengisi daya baterai hingga penuh terlebih dahulu.

  1. Menghapus nama perangkat

Bila error terjadi ketika perangkat Android Anda tidak bisa tersambung dengan perangkat lain, maka Anda bisa coba menghapus perangkat lain tersebut dari daftar Bluetooth Anda, lalu kembali menghubungkannya. Di Android, cara ini bisa dengan masuk ke pengaturan Bluetooth, lalu klik nama perangkat yang dimaksud dan klik Unpair.

  1. Menjauh dari router Wi-Fi

Bluetooth Android juga bisa error karena gangguan dari sinyal router Wi-Fi, dikarenakan spektrum yang sama. Meski dikatakan Wi-Fi sudah banyak yang dapat mengatasi hal ini, namun tidak salah untuk coba menjauh dari router. Selain itu, sinyal dari port USB 3.0 juga bisa saja menggangu Bluetooth Android Anda.

  1. Update firmware

Cara mengatasi Bluetooth Android error yang terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan update firmware. Bisa jadi, driver Bluetooth yang ada pada Android Anda sudah usang, sehingga tidak cocok dengan versi Bluetooth yang ada. Terlebih bila Bluetooth versi 4.0.

Cara Mengatasi Bluetooth Android Error Mudah | Balqish Annur Qaisha | 4.5