Cara Partisi Hardisk Windows 8 di Komputer/Laptop

Cara Partisi Harddisk Windows 8 di Komputer/Laptop – Kita menyimpan berbagai data dan aplikasi dalam harddisk komputer. Agar Harddisk kita berfungsi secara maksimal, kita perlu mengatur file-file data itu ke dalam ruang-ruang yang tersusun rapi. Nah, pengaturan ruang-ruang dalam hard disk itulah yang dinamakan Partisi Hard Disk.

Secara umum, Partisi Harddisk dikelompokkan ke dalam Partisi Primary, Extended dan Logical. Jika Partisi Primary dan Extended termasuk partisi utama, maka Partisi Logical dikatakan sebagai partisi sampingan.

Untuk pengguna Windows 8/8.1 ada sejumlah cara untuk menciptakan Partisi – Partisi baru. Berikut ini dijelaskan 3 cara menciptakan Partisi baru di Windows 8.

partisi restore-windows-8

Cara Partisi Hardisk Windows 8

  1. Disk Management

Dengan menggunakan Disk Management, kita bisa membuat Partisi tanpa harus melakukan install software tambahan. Selain membuat Partisi baru, dengan Disk Management, kita juga bisa menghapus dan melakukan format terhadap partisi yang sudah ada.

  1. Perintah Diskpart

Perangkat lain yang ada di Windows 8 yang bisa digunakan untuk membuat Partisi baru adalah Diskpart. Tampilan Command line yang dimiliki Diskpart sangat berbeda dengan Disk Management yang memiliki tampilan GUI.

  1. Bantuan Software

Jika ingin membuat tampilan Partisi baru lebih keren, kita bisa menggunakan bantuan Software. Banyak beredar software yang bisa digunakan untuk membuat Partisi baru di Windows 8, seperti AOMEI Partition Assistant, Ease US Partition Master dan Paragon Partition Manager. Ketiga software itu memiliki keunggulan masing-masing, seperti AOMEI yang memiliki fitur sangat lengkap serta begitu mudah untuk dioperasikan.

Langkah-langkah untuk membuat Partisi Baru adalah:

  1. Buka Power user menu dengan cara mengkombinasikan tombol WinKey + X. Pilih “Disk Management“.
  2. Setelah muncul Daftar Partisi yang sudah ada, pilih Partisi yang hendak dibagi size-nya dengan cara klik kanan, kemudian pilih “Srink Volume
  3. Isi size yang dikehendaki dalam satuan MB. Misalnya 10GB- ditulis 10000MB. Kemudian pilih “Shrink”.
  4. Partisi baru yang muncul masih dalam status Unallocated. Kita harus membeli volume agar bisa mengisinya dengan data melalui cara klik kanan, lalu pilih “New Simple Volume”
  5. Setelah muncul jendela informasi baru, selanjutnya tinggal pilih next untuk melanjutkan.
  6. Ketika muncul jendela Assign Drive Letter or Path, pilih tombol “Assign the following drive letter” lalu pilih huruf yang diinginakan. Jika sudah selesai pilih Next.
  7. Saat muncul jendela Format Partition, kita tinggal memutuskan untuk memformatnya atau tidak. Jika ingin memformatnya, pilih “Perform a quick format” agar proses format bisa cepat. Jika sudah selesai pilih Next.
  8. Setelah itu akan muncul jendela Completing the New Simple Volume Wizard. Kita tinggal klik “Finish”.
Cara Partisi Hardisk Windows 8 di Komputer/Laptop | Dk Sumirta | 4.5