Cara Upgrade OS Android Sendiri Tanpa PC

Cara Upgrade OS Android Sendiri Tanpa PC – Dewasa ini, penggunaan smartphone Android kian meningkat. Perkembangan sistem operasi Android pun ikut berkembang. Hal ini terbukti dengan banyaknya versi Android yang mengikuti perkembangan saat ini. Namun, disamping terus berkembangnya teknologi tersebut, tidak banyak pengguna mengetahui cara upgrade OS Android itu sendiri.

Cara Upgrade OS Android

Dalam perkembangannya, setiap produsen smarpthone atau perangkat Android tidak semua menyediakan layanan upgrade OS. Fenomena yang ada saat ini produsen smartphone memanfaatkan versi OS Android terbaru dengan mengeluarkan produk barunya sebagai strategi pemasaran. Namun, bukan berarti pengguna tidak bisa memperbarui versi Android-nya.

Untuk bisa memperbarui OS Android diperangkat, dibutuhkan fasilitas sistem operasi yang biasanya disediakan oleh setiap vendor smartphone atau perangkat Android. Fasilitas ini tersedia disetiap produk smartphone dan memiliki kriteria dan perbaruan yang berbeda-beda. Sebelum melakukan peng-upgrade-an, diperlukan persiapan yang penting keberadaannya.

Cara Upgrade OS Android Sendiri

Update OS Android

Pertama, pastikan perangkat Anda fasilitas update OS Android dari produsen atau vendor yang resmi. Update OS terakhir setiap perangkat Android bisa langsung dicari melalui mesin pencari Google. Cari informasi mengenai sistem operasi terakhir yang bisa diupdate dari perangkat sesuai dengan merk dan seri perangkat yang digunakan.

Setelah itu,  periksa kapasitas memori perangkat. Hal ini penting agar proses peng-update-an berjalan dengan lancar dan berhasil tanpa gangguan. Kapasitas memori yang ideal untuk menampung file Update Android kurang lebih berukuran 512 MB.

RAM Android

Langkah selanjutnya dalam tata cara upgrade OS Android adalah mengetahui versi sistem operasi perangkat yang digunakan. Cara untuk mengetahuinya adalah dengan membuka menu Settings atau Pengaturan, kemudian buka opsi About Phone. Disini, akan dijelaskan berbagai informasi mengenai perangkat, mulai dari tahun pembuatan, informasi produk, hingga sistem operasi yang dijalankan. Hal lainnya adalah koneksi internet yang stabil.

Kemudian jika semua sudah siap, buka menu Setting pada perangkat kemudian pilih opsi About Phone. Pada opsi tersebut temukan tombol System Update dan klik Install/Download. Pada proses ini, pengunduhan file Update OS Android ini akan berjalan secara otomatis. Setelah proses pengunduhan selesai maka akan dilanjutkan dengan proses penginstalan.

Instal OS Android

Proses penginstalan file OS Android terbaru akan memakan waktu cukup lama. Dan tentunya proses install OS pada setiap perangkat berbeda-beda. Setelah proses penginstalan berhasil maka langkah selanjutnya adalah merestart ulang perangkat yang telah diupgrade. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa file OS Android terbaru dapat berjalan dengan baik diperangkat Anda. Setelah selesai, Anda bisa langsung mengeceknya di Pengaturan dan informasi OS Android di opsi About Phone.

Demikianlah pembahasan mengenai cara upgrade OS Android yang dapat disampaikan. Masih ada beberapa cara lain untuk meng-upgrade OS Android pada perangkat Anda, seperti memanfaatkan komputer atau PC untuk bisa meng-upgrade perangkat Anda. Semoga bermanfaat!

Cara Upgrade OS Android Sendiri Tanpa PC | Yanti Adriyanti | 4.5