Fungsi LAN Tester Pada Jaringan Komputer

Fungsi LAN Tester Pada Jaringan Komputer – KEAMANAN! Itulah yang menjadi kekhawatiran banyak pihak yang menggunakan jaringan komputer untuk menunjang aktifitasnya sehari-hari. Banyak hal yang harus diwaspadai sehubungan penggunaan perangkat elektronik khususnya komputer di sekitar kita. Apalagi penggunaan komputer yang terhubung dengan jaringan LAN seperti yang digunakan di kantor-kantor. Diperlukan sebuah alat khusus untuk mendeteksi berbagai kerusakan yang mungkin terjadi di dalam jaringan komputer. Sehingga tidak terjadi kerusakan yang lebih parah dan malfungsi jika hal itu sudah terdeteksi oleh alat itu.

Alat yang banyak digunakan untuk mendeteksi kerusakan dan malfungsi jaringan yang saat ini sedang digandrungi, bernama LAN Tester. Alat berbentuk kotak ini akan mendeteksi kerusakan pada Jaringan LAN yang menggunakan socket RJ45. Kabel LAN tinggal dimasukkan ke socket LAN Tester. Selanjutnya LAN Tester akan memberikan sinyal kerusakan berupa indikator-indikator tertentu.

Lan Tester

Fungsi LAN Tester

Untuk yang ingin mengetahui lebih lanjut fungsi LAN Tester, dibawah ini dipaparkan beberapa fungsi LAN Tester, diantaranya:

  1. Memeriksa Kerusakan Pada Kabel Jaringan

Banyak hal bisa menyebabkan Jaringan tak berfungsi. Salah satunya karena Kabel Jaringan mengalami kerusakan akibat Kabel yang sudah berkarat karena lama pemakaian, atau kualitas Kabel Jaringan yang buruk. Dengan LAN Tester, kita bisa dengan mudah memeriksanya. Tinggal menghubungkan Kabel Jaringan pada socket LAN Tester, maka kerusakanpun bisa terdetekdi dengan cepat.

  1. Memeriksa Kondisi Kabel Apakah Bisa Berjalan Dengan Baik atau Tidak

Mengganti Kabel Jaringan tidak bisa dilakukan begitu saja. Kita harus memeriksa Kabel Jaringan yang akan dipasang terlebih dahulu, biar gak kerja dua kali. Maka dari itu, kita memerlukan LAN Tester untuk mengeceknya. Jika Kabel Jaringan gak bagus, tentunya tinggal baikin ke toko yang menjualnya.

  1. Memeriksa Susunan Kabel Straight atau Cross Line Sudah Tepat atau Belum

Kabel Jaringan yang sudah kita susun dengan menggunakan metode UTP (seperti teknik Straight atau cross Line) harus dilakukan secara tepat. Agar Jaringan bisa terkoneksi dengan baik. Untuk mengeceknya secara mudah, tentunya diperlukan bantuan LAN Tester. Alat ini langsung bereaksi jika kita sudah menyusun Kabel dengan tepat.

  1. Untuk Testing Konektivitas LAN pada Jaringan

Konektifitas LAN harus ditest terlebih dahulu sebelum dipasang permanen. Maka dari itu dibutuhkan LAN Tester untuk melakukan tugas tersebut.

  1. Memeriksa dan Mendiagnosa Jaringan

LAN Tester merupakan sebuah panduan untuk memeriksa dan melakukan diagnosa kerusakan pada Jaringan LAN. Cara kerjanya yang cukup sederhana bisa dilakukan semua orang. Dengan adalanya LAN Tester, kerusakan yang lebih besar dapat dicegah karena terdeteksi dengan cepat.

Incoming search terms:

  • fungsi lan tester
  • Lan tester
  • fungsi lan taster
  • sebutkan fungsi cable tester
  • fungsi lan sester
  • fungsi dari cable tester
  • Fungsi led lan tester
  • kegunaan lantester
  • fungsi dan kegunaan lan tester
  • LAN Tester berfungsi untuk
Fungsi LAN Tester Pada Jaringan Komputer | Dk Sumirta | 4.5