Inilah Resiko dan Kerugian Root Android

Resiko dan Kerugian Root Android – Bagi anda pengguna martphone, tablet atau perangkat lainya yang berbais android pastinya sudah familiar dengan yang namanya root. Namun bisa jadi ada beberapa orang yang belum mengetahuinya karena baru menggunakan android. ‘Root’ adalah kata dari bahasa inggris yang memiliki arti ‘Akar’, tetapi intinya dari root itu sendiri adalah agar kita bisa mendapatkan akses kontrol penuh terhadap android kita tanpa adanya batasan-batasan sistem. Jika pada perangkat keluaran Apple root ini namanya ‘Jailbreak, dan pada sistem operasi Symbian memiliki nama ‘Hack.’

Dengan melakukan root pada android anda  maka anda akan mendapatkan hak akses yang bebas sehingga bisa bebas dalam menginstall aplikasi walaupun bukan berasal dari Google Play. Jika android anda belum diroot maka biasanya tidak bisa menginstall aplikasi sembarangan karena menyangkut keamanan android anda.

akibat root pada android

Kerugian Root Android

Keuntungan lain yang didapat dengan melakukan root antara lain bebas dalam memodifikasi tema pada android kita, bebas menginstall aplikasi dari berbagai sumber, bisa menghapus aplikasi standart bawaan android, mudahnya customisasi dan masih banyak lagi. Tetapi dibalik semua keuntungan itu ada resiko dan kerugian saat melakukan root android. Nah lebih jelasnya kita bahas dibawah ini beberapa kerugian dan resikonya:

  1. Garansi resmi bisa hilang

Jika android anda masih dalam masa garansi dan tiba-tiba rusak, maka anda akan kesusahan dalam proses klaim karena garansi pabrik akan hilang karena proses root tadi. Maka berhati-hatilah jika android anda masih dalam masa garansi.

  1. Resiko ketika gagal melakukan root

    kekurangan kelehbihan root pada android

    kekurangan kelehbihan root pada android

Jika sampai terjadi gagal root, maka biasanya ponsel anda akan bootloop atau lebih parahnya mati total. Maka pahamilah langkah-langkahnya dengan jelas saat sebelum melakukan rooting.

  1. Rentan terhadap serangan virus

Jika sudah diroot otomatis sistem kita akan terbuka termasuk firewall, nah dari sinilah celah virus masuk ke android kita. Usahakan jika sudah melakukan root gunakanlah antivirus yang bisa didownload gratis di Play Store.

  1. Ponsel menjadi lemah

Ditemukan pada kebanyakan ponsel yang sudah dilakukan root akan mengalami kinerja yang menurun seperti sering hang atau restart sendiri. Nah ini disebabkan karena sistem standart yang ada pada android kita dipaksa untuk kerja lebih berat sehingga tidak kuat. Jangka panjangnya android kita akan mudah rusak dalam hal hardware.

Nah demikian pembahasan mengenai Resiko dan Kerugian Root Android. Untuk keputusan melakukan rooting ada ditangan anda, jika berani menangung resiko dan akibatnya ya silahkan, jika tidak mending menabung dulu untuk beli android yang lebih bagus.

Terima kasih

Inilah Resiko dan Kerugian Root Android | Eril Obeit Choiri | 4.5