Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Minta Format

Cara Memperbaiki Flashdisk Minta Format – Di sini ada yang masih kenal sama disket? Itu lho! Kotak, tipis, yang ruang penyimpanan nya cuman seuprit itu. Kalau masih kenal jelas banget deh kalian anak 80an atau 90an yang doyan ke warnet buat nugas sambil buka Friendster. Tapi jaman sekarang lebih kenal nya sama flash disk kan? Dimulai dari kisaran ruang penyimpanan yang berbeda-beda, meski kebanyakan orang selalu punya antara 2GB, 4GB atau 8GB, flash disk sudah jadi perangkat penting buat siapapun, entah itu pelajar atau pegawai. Dibanding hard disk yang dulu cuman punya sekitar 2MB sebagai ruang penyimpanan, jelas banget kan kalau flash disk itu jadi unggulan. Tapi apa ada kelemahannya? Tentu aja ada.

Nih, buat yang pelajar yang doyan print tugas atau mahasiswa yang keteteran buat setor skripsi sama dosen pembimbing pasti pernah kena serangan jantung dadakan waktu flashdisk nya malah muncul keterangan flashdisk minta format. Bête nya, setelah di format juga jendela permintaan format tetap aja muncul. Nah lho, kenapa?

Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Minta Format

Cara Memperbaiki Flashdisk Minta Format

Peringkat pertama masih ditempati oleh virus sebagai penyebab nya. Tapi virus dalam dunia kesehatan atau perangkat elektronik sekalipun masih bisa disembuhkan kok. Nah, kita kasih cara pengobatannya deh buat flashdisk mu yang terjangkit virus itu.

1. Menggunakan CMD.

Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Minta Format

CMD? Apa ya itu? CMD sendiri bukan teman nya CFD ya, alias car free day. Tapi CMD itu Command Prompt, bawaan system dari PC kalian. Yuk, simak caranya!

– Buka jendela CMD kalian, jika bingung CMD itu letaknya dimana, ketik CMD di ‘’run’’ yang ada windows milik PC kalian.

– Setelah jendela nya terbuka, ketik “CHKDSK” tanpa tanda kutip tapi. Dan lihat, flashdisk kalian nama drive nya apa? E kah? Atau H kah? Kita ambil contoh ya, jika ada di drive E, pastikan formatnya begini -> CHKDSK E:/R

– Meski lama, tunggu proses nya sampai selesai.

– Jika sudah, eject dulu flashdisk nya, lalu pasangkan lagi. Dan cek, jika sudah tidak minta format kalian tinggal elus dada dengan bahagia, kalau flashdisk kalian sudah sembuh.

Terkadang, pengobatan tidak sekali sembuh, kan. Bisa aja si flash disk ini masih sakit dan minta format kembali, dan kita ada cara lain. masih dengan CMD juga.

2. Cara lain dengan CMD.

Tanpa basa-basi kita mulai saja yuk!

– Seperti yang di atas, buka jendela CMD milikmu.

– Sekarang, ketik format yang diikuti nama drive flash disk mu. Jika drive nya bernama E, pastikan format ketikan seperti ini -> format E:

– Pastikan proses nya sudah selesai ya.

– Setelah selesai, eject flashdisk mu dan masukan kembali.

– Jika tidak ada jendela minta format, nah, flash disk sudah sembuh berarti.

Tapi, apa ada cara lain selain menggunakan CMD? Dengan baik hati, kita akan beri satu cara lagi. Simak ya!

3. Format dengan mudah.

Kenapa disimpan paling akhir, karena ini paling mudah sebenarnya. Meski kata mudah bagi setiap orang itu tergantung ya. Ini dia cara nya,

– Apapun Windows di PC mu, 7 atau 8, coba ketik compmgmt.msc pada “run”

– Setelah itu, cari drive flashdisk kita. Apakah itu E, F, G atau H.

– Nanti, kalian lakukan cara format dengan tipe FAT32 ya.

– Seperti biasa, tunggu proses hingga benar-benar selesai.

– Setelah itu, eject flashdisk nya dan masukan kembali ya.

– Jika jendela format tidak muncul lagi, berarti flashdisk nya sudah sembuh deh.

Bagaimana? Sudah dicoba setiap cara yang kita muat diartikel ini? Harapan besar sih bisa membantu. Tips terakhir, biasakan untuk melakukan eject yang bisa kalian temukan jika klik kanan di drive flashdisk kalian. Setidaknya, dengan begitu flashdisk kalian tidak terlalu beresiko.

Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Minta Format | Jabbar Muhammad Aqly | 4.5