Tutorial Cara Menggunakan Link2SD di Android

Tutorial Cara Menggunakan Link2SD di Android – Salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh pengguna Android unuk meningkatkan produktivitas mereka adalah Link2SD. Aplikasi yang dibuat oleh developer bernama Bulent Akpinar ini berguna untuk memberi ruang atau partisi lebih, sehingga aplikasi dan permainan bisa dipindahkan ke partisi kedua yang baru tersebut. Metode ini sagat cocok bagi Anda yang memiliki ponsel Android dengan spesifikasi memori internal yang kurang. Untuk lebih jelasnya, mari simak tutorial atau cara menggunakan Link2SD di Android berikut ini.

  1. Untuk memulai menggunakan aplikasi Link2SD, tentunya Anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi atau software tersebut. Silahkan unduh aplikasinya dan lakukan instalasi di ponsel Android Anda.

Unduh: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.buak.Link2SD

  1. Jika sudah, sekarang siapkan komputer ataupun laptop. Kita akan menggunakan bantuan software Mini Tool Partition Wizard untuk melakukan pembagian partisi. Sebelumnya silahkan unduh aplikasi pada link di bawah ini.

Unduh: http://download.cnet.com/MiniTool-Partition-Wizard-Home-Edition/3000-2094_4-10962200.html

Tutorial Cara Menggunakan Link2SD di Android

Cara Menggunakan Link2SD di Android

  1. Jika sudah, hubungkan kartu memori yang Anda miliki ke komputer. Anda bisa menggunakan card reader untuk menghubungkannya.
  2. Selanjutnya lakukan backup pada kartu memori tersebut. Caranya dengan memindahkan semua filenya ke partisi di komputer.
  3. Sekarang buka software Mini Tool Partition Wizard yang sebelumnya sudah diinstalasi.
  4. Lanjutkan dengan memilih kartu SD atau kartu memori Anda. Hati-hati, jangan memilih partisi komputer Anda. Pada tampilan, nantinya partisi-partisi ada di bagian bawah. Anda bisa klik kanan partisi SD card tersebut, lalu klik “Delete”.
  5. Klik kanan kembali pada kartu memori tersebut, lalu klik “Create New”.
  6. Sekarang akan muncul kotak dialog baru. Pada bagian Create as Anda bisa pilih “Primary”. Sedangkan untuk file system bisa memilih “FAT32”.
  7. Atur partition size sesuai keinginan Anda. Lalu klik “OK”.
  8. Anda bisa ulangi cara ini terus untuk membuat partisi baru. Namun ubah file system yang ada menjadi ext2, ext3, atau ext4. Sedangkan create as tetap primary. Lanjutkan dengan klik “OK”.
  9. Jika sudah, pada pojok kiri atas klik tombol “Apply”.
  10. Sekarang eject card reader Anda dan lepas kartu memori yang ada.
  11. Selanjutnya Anda bisa beralih ke ponsel Android. Jangan lupa, tempatkan kembali kartu memorinya ke Android.
  12. Jika sudah, buka aplikasi Link2SD yang sudah diinstalasi.
  13. Pada tampilan awal Anda akan diperintahkan untuk memilih file system yang akan dieksekusi. Anda bisa memilih di antara ext2, ext3, atau FAT32. Untuk kasus ini, pilih ext2. Lanjutkan dengan klik “OK”.
  14. Android akan melakukan reboot secara otomatis.
  15. Jika sudah menyala kembali, Anda bisa buka aplikasi Link2SD lagi. Lalu klik “Settings” dan ceklis autolink. Gunanya agar aplikasi bisa berpindah secara otomatis saat instalasi.
  16. Selanjutnya klik “Create link” dan ceklis ketiganya.
  17. Sampai sini Anda sudah berhasil. Anda bisa melakukan cek pada Storage Info dan Anda akan melihat ada dua SD card yang terisi oleh aplikasi.

Semoga bermanfaat.

Tutorial Cara Menggunakan Link2SD di Android | Balqish Annur Qaisha | 4.5